Bagaimana kita Melupakan dan Mengingat Sesuatu




NPM         :           156210843
Tugas Ke  :           3
MK           :           Linguistik Umum
Dosen       :           Ermawati S.Spd.M.A








    Mengingat merupakan proses yang melibatkan banyak komponen dalam diri kita. Mulai dari
(1)  menerima informasi yang akan kita ingat melalui panca indera kita,
(2)  kemudian disimpan dalam otak kita yang melibatkan kerja otak dalam mengolah dan menyimpan informasi,
(3)  serta  memanggil atau memunculkan kembali informasi yang telah disimpan.
Jika kita mudah lupa dalam mengingat sesuatu, maka kita harus dapat mengenali dimanakah kelemahan kita dalam mengingat. Untuk itu maka kita perlu mengetahui faktor apa yang mempengaruhi pada proses mengingat itu, baik ketika informasi itu datang, maupun ketika informasi itu disimpan.
Menganggap suatu informasi itu penting atau tidak penting merupakan alasan paling umum mengapa informasi dilupakan. Kita hanya mengingat hal-hal yang menarik minat kita saja. Jika informasi itu tidak dianggap penting maka informasi itu tidak akan disimpan di dalam ingatan jangka panjang.
Memori kita terkadang tidak berfungsi pada suatu saat tertentu, hal ini menempatkan kita ke dalam situasi dimana kita tidak mampu mengingat informasi yang kita inginkan atau butuhkan. Hal pertama yang perlu kita ketahui ketika mengalami situasi tersebut adalah apakah kita benar-benar memasukkan informasi tersebut ke dalam otak kita? Apakah sistem sensorik kita bekerja saat kita menerima informasi? Dan apakah kita memusatkan perhatian  kita pada informasi tersebut? Apabila hal ini tidak terjadi maka akibatnya tidak akan ada informasi yang kita terima sehingga tidak ada informasi yang dapat kita ingat. Hal ini adalah yang disebut dengan kegagalan penyandian (failure to encode) yaitu gagalnya materi masuk ke dalam long term memory. Meskipun demikian, terkadang kita tidak menyadari bahwa informasi yang kita terima dan pelajari tidak sungguh-sungguh masuk ke dalam memori kita.Contohnya saja bisa jadi kita lupa dengan materi perkuliahan ketika mengerjakan soal-soal ujian.
Jadi ketika kita mencoba untuk mengingat sesuatu, cobalah untuk benar-benar memasukkan informasi ke dalam otak kita ambilah intisari atau hal-hal yang menurut kamu penting, jangan melakukan sesuatu hal dalam waktu yang bersamaan untuk dimasukkan kedalam memori ataupun ingatan kita . dan jika kamu tidak melakukan hal tersebut kamu akan lebih mudah melupakan sesuatu .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa itu Manusiawi

TUGAS 1-7 sintaksis SEMESTER 4

Tugas 5 semester 3